Minggu, 10 Juni 2012

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur + 68km, sebelah selatan kota Malang. Wisata Pantai ini dapat di capai melalui Kecamatan Gondang Legi dan Kecamatan Bantur. Panatai Balekambang ini cukup menawan. Hal ini didukung pula degan fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir yang luas, Camping Ground, MCK,  Kios Cinderamata, Rumah Makan, Kantor Informasi, Bungalow sederhana, Bumi Perkemahan Pramuka, Mushola dan Pendopo.

Balekambang terdiri atas pantai dan karang yang landai yang membatasi akses ke laut lepas sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak terlalu besar. Oleh karena itu, relatif aman untuk bermain-main di air laut sekitar pantai. Pantai landai ini di penuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km engan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut tampak di atas air dan di sela-selanya nampak ikan hias berkerumunan serta satwa lain yang beraneka ragam.

Di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, Pulau anoman, dan Pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, tempat tersebut di hubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai didatangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suroan) dan Upacara Jalanidhi Puja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar